Slide background
ATTN

ASAL TUJUAN TRANSPORTASI NASIONAL

SURVEI
BARANG
KEMENTERIAN PERHUBUNGAN
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERHUBUNGAN
Slide background
Slide background

SURVEI - Asal Tujuan Transportasi Nasional Barang [ ATTN-Barang ]

[powr-countdown-timer id=14473219_1459239995875]

Kementerian Perhubungan Survei ATTN dan barang Di Gorontalo

Home »  Berita Utama »  Kementerian Perhubungan Survei ATTN dan barang Di Gorontalo

Kementerian Perhubungan Survei ATTN dan barang Di Gorontalo

On April 12, 2016, Posted by , In Berita Utama, With No Comments
Gorontalo, Kementerian Perhubungan melaksanakan akan lakukan survei terhadap program Asal Tujuan Transportasi Nasional (ATTN)-Barang di Gorontalo, apakah berjalan optimal atau tidak.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Elly Adriani Sinaga, Kamis mengatakan survei ATTN adalah kegiatan yang diselenggarakan untuk memperoleh gambaran tentang sejauh mana pertumbuhan dan perkembangan jumlah maupun pola pergerakan barang dan orang antar wilayah atau antar zona baik internal Indonesia maupun luar negeri.

Informasi tentang pertumbuhan dan perkembangan jumlah maupun pola pergerakan barang-barang dan orang antar wilayah merupakan modal dasar dan menjadi faktor penentu utama dan penyusunan rencana pembangunan dan pengembangan jaringan pelayanan transportasi, baik skala nasional atau wilayah," ungkap Elly di hadapan jajaran Dinas Perhubungan dan Kominfo Provinsi Gorontalo.

Menurut Elly, data tentang asal dan tujuan pergerakan barang dan orang sangat dibutuhkan untuk proses pengambilan keputusan yang terkait dengan pengelolaan perangkat transportasi, seperti kebijakan investasi di bidang sarana dan prasarana transportasi.

"Oleh karena itu, pelaksanaan survei ATTN menjadi bagian penting dan sangat dibutuhkan dalam perencanaan transportasi, untuk mengetahui pola pergerakan barang dan orang, serta untuk mengetahui kebutuhan masyarakat terhadap moda transportasi," lanjutnya.

Elly melanjutkan, seperti pada perioda sebelumnya penyelenggaraan survei ATTN dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan, dan kali ini melibatkan Dinas Perhubungan Provinsi dan Dewan Pakar Transportasi dari perguruan tinggi.

"Berbeda dengan pelaksanaan survei ATTN pada perioda sebelumnya, survei kali ini tidak dilaksanakan secara bersamaan antara barang dan orang, pelaksanaan survei ATTN barang dan orang dipisahkan agar lebih efektif dan efisien," kata Elly.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi (Dishubparkominfo) Provinsi Gorontalo, Jamal Nganro mengatakan, kegiatan tersebut sangat strategis dan Provinsi Gorontalo sebagai daerah yang baru berkembang, sangat luar bisa dapat dilakukan di Gorontalo.

"Survei ini dilakukan ke barang dan metodenya berubah, jadi metode langsung kepada pemilik barang atau pada pengusaha dan pengecer, sehingga data-data akan valid dan manfaat dari survei ATTN adalah kita dapat mengetahui sumber barang darimana dan dimanfaatkan dimana, sehingga penting sekali dalam pengendalian inflasi dan pemerataan, dan surplus atau minus barang dapat diketahui dengan survei," kata jamal.

Jamal juga mengatakan, dengan adanya survei ATTN daerah dapat mencocokan moda transportasi yang tepat untuk daerah itu, serta dapat melihat kekurangan barang yang ada didaerah dengan melihat dari daerah lain untuk menjalin kerja sama.(Adiwinata Solihin - Antara News Gorontalo)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *